Selamat datang di Blog Dharma Satria

Makalah Manajemen Pemasaran Penerapan Marketing Mix Pada Usaha Aksesoris

PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Begitu banyak peluang yang tersedia untuk membuka suatu usaha atau suatu bisnis baru, memunculkan suatu gagasan, keyakinan dan niat untuk merintis suatu usaha baru untuk ditekuni. Hal ini disebabkan karena tersedianya peluang yang masih terbuka luas, adanya bahan – bahan yang mudah didapatkan, mudah dalam pengerjaannya serta harga yang relatif terjangkau.Peluang untuk merintis usaha baru yang masih terbuka lebar terutama suatu usaha dalam hal pernak – pernik wanita seperti aksesoris, membulatkan tekad untuk membuat sesuatu yang baru tentang aksesori.
Aksesoris merupakan suatu pernak – pernik atau hiasan yang biasanya sering dipakai oleh wanita dengan tujuan untuk mempercantik dirinya atau agar terlihat lebih menarik. Oleh karena itu banyak sekali wanita yang tertarik dan berminat untuk mengkoleksi aksesoris – aksesoris yang lucu, unik dan model yang bagus.
Berbagai macam aksesoris – aksesoris yang sering digunakan, seperti anting, gelang, kalung, bros, jepit rambut, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Dari situlah kami ingin membuat sesuatu hal yang baru tentang aksesoris yaitu seperti Bros Jilbab, Gantungan Kunci, Gantungan HP, Dll yang berbahan dasar dari Tali Sepatu dan Kain Flanel.
B. Tujuan
Dengan membuat sebuah barang atau aksesori ini bertujuan agar :
1.      Memperoleh keuntungan
2.      Memanfaatkan peluang dengan bahan baku yang tersedia dan gampang dicari.
C. Alat dan Bahan
1.      Tali Sepatu
2.      Kain Flanel
3.      Benang
4.      Lem lilin
5.      Jarum
6.      Peniti
7.      Gunting
8.      Bahan pendukung lainya…

D. Cara Pemembuatan
1.      Cara membuat gantungan kunci dari kain flanel
a.       Buat dulu pola untuk kepalanya, buat dua buah untuk kedua sisinya.
b.      Siapkan kain flanel dengan warna lain untuk bagian atas kepala sesuai selera. 

c.       Jahit dengan warna benang yang sesuai. Lakukan serapi mungkin. 

d.      Siapkan mata dan mulut dengan kain flanel warna hitam.
e.       Tempelkan mata dan mulut tadi dengan menggunakan lem.
f.       Bisa di tambahkan dengan ekspresi lain. Mungkin ekspresi marah, sedih senang atau exspresi lainya.
g.      Sebagai finishing, Beri gantungan sebagai gantungan kunci, ataupun peniti juka akan dipakai sebagai bros

2.      Cara Membuat Bros dari Tali Sepatu
 Bahan :
 Tali sepatu
 Lem Lilin                                 
 Lilin
 Gunting
 Peniti

Cara Pembuatan :
a. Gunting tali sepatu menjadi 20cm
b. Gunting bagian ujung tali sepatu
c. Bakar ujung tali sepatu tersebut
d. Gulung tali sepatu tersebut, kemudian lem lilin dibakar sehingga lem nya keluar
e. Kemudian lem dengan kuat agar tidak lepas
f. Lakukan kegiatan 1-4 berkali-kali
g. Setelah selesai, tempelkan peniti yang sudah disiapkan pada bros

MARKETING MIX
A. Product
Produk yang dibahas disini adalah hasil dari keterampilan tangan sendiri maka desain dan ukurannya sangat bervariasi mengikuti ide dan kreativitas dari pembuatnya. Berbagai produk pernak-pernik ini terbuat dari kain flanel, tali sepatu, dan benang wol yang akan dibuat menjadi seperti bros, gantungan kunci, Dll.
1.      Manfaat produk
Seperti manfaat pernak pernik atau aksesoris lainya yaitu mempercantik diri serta membuat diri menjadi lebih menarik. Dan juga memiliki kepuasaan tersendiri bagi konsumen.
2.      Keistimewaan Produk
Keistimewaan dari produk yang akan kami bikin adalah dengan memberikan aneka model aksesoris. Sehingga konsumen bisa memilih produk sesuai seleranya.
3.      Merk Produk
Nama atau merek produk aksesoris yang ingin kami buat adalah Yumna. Sebuah nama untuk perempuan dari bahasa Arab yang berarti Kanan, Beruntung, Atau Diberkati.
4.      Packaging (Kemasan)
Kemasan sama pentingnya dengan kualitas produk yang fungsinya juga mendorong minat pembeli untuk membeli suatu produk. Dalam hal ini, produk acsories kami memberikan kemasan yang menarik, memberikan bentuk yang inovasi seiring dengan perkembangan jaman. Selain itu, warna yang diberikan sengaja dibuat terang (warna ping) yang identik dengan warna kesukaan wanita.

B. Price
1.      Daftar Harga
Harga merupakan alat yang digunakan oleh pemasar untuk memberikan penilaian terhadap suatu produk. Peranan harga sangat penting terutama pada keadaan persaingan yang semakin tajam dan perkembangan permintaan yang terbatas.
Harga yang kami tawarkan sangat beragam, tergantung pada kerumitan pembuatan aksesoris tersebut. Aksesoris – aksesoris ini akan di jual dengan harga yang relative terjangkau untuk semua kalangan. Harga yang ditawarkan pun sebanding dengan kualitas barang yang di jual. Rincian harganya sebagai berikut :
Bros                      : 2.000 sampai 20.000
Gantungan kunci    : 5.000 sampai 30.000
2.      Potongan Harga
Untuk menarik minat konsumen untuk turut serta memasarkan produk maka dalam pemasaran produk diadakan pemotongan harga (discount) untuk pembelian dengan jumlah besar.

C. Promotion
Promosi merupakan salah satu bagian dari rangkaian kegiatan pemasaran, di mana hasil yang diharapkan dari kegiatan promosi ini adalah meningkatkan volume penjualan. Dengan kegiatan promosi maka diharapkan dapat mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian. Maka usaha kami akan melakukan promosi yang bertujuan untuk memikat pelanggan supaya untuk membelinya dengan cara.
1.      Kami akan menggunakan Social media seperti Facebook, Twiterr. BBM, Blog, Dll.
2.      Mengenalkan secara langsung kepada teman teman kita.
3.      Promosi menggunakan media orang lain (dari mulut ke mulut).

D. Place
Sistem penjualan aksesoris ini dilakukan dengan menitipkan ke toko toko aksesoris atau bisa juga di pasarkan di pasar Tiban seperti Sunmor (Sunday Morning), dan untuk pembelian dengan jarak jauh bisa menggunakan jasa kurir pengiriman dengan sarat sarat tertentu.

PENUTUP
A. Kesimpulan
Dalam konsep pemasaran modern banyak perusahaan yang mengacu pada bauran pemasaran di dalam merancang program pemasarannya. Bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan saluran distribusi mempunyai peranan yang sangat penting guna mensukseskan program pemasaran dari suatu perusahaan. Dengan melakukan perencanaan terhadap empat bauran pemasaran diharapkan perusahaan dapat merumuskan program pemasaran yang tepat bagi produk yang akan ditawarkan kepada konsumen.
Perencanaan produk yang dihasilkan oleh perusahaan harus benar- benar sesuai dengan kebutuhan konsumen. Selain itu, produk yang dihasilkan harus mencerminkan kualitas yang baik. Hal tersebut agar sesuai dengan tujuan perusahaan yang mana produk yang dihasilkan dapat diterima dan sesuai dengan kebutuhan konsumen dan dapat memuaskan konsumen. Karena produk merupakan titik sentral dari kegiatan pemasaran, keberhasilan suatu perusahaan dapat diketahui dari respon yang ditunjukkan oleh konsumen.

Makalah Tentang Internet Base Contemporary Aplication (IBCA)

Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya pada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan makalah ini yang tepat pada waktunya dengan judul “Internet Base Contemporary Aplication”. Dan tidak lupa shalawat serta salam kita haturkan pada nabi kita nabi Muhammad SAW.
Makalah ini berisikan tentang apa itu aplikasi berbasis database yang terhubung dengan internet dan juga kegunaan dan dampak bila kita menggunakan aplikasi ini.
Diharapkan makalah ini dapat memberikan manfaat pengetahuan bagi teman-teman sekalian

Yogyakarta, 05 Januari 2012

   Kelompok III

Pendahuluan
Teknologi Informasi berbasis komputer, saat ini semakin meningkat yang mencakup hampir semua aspek kehidupan termasuk pendidikan, bahkan merupakan suatu keharusan bagi sebuah instansi pendidikan  akan ketersediaan informasi yang sudah terkomputerisasi. 
Oleh karena itu, sekarang banyak lembaga pendidikan yang melakukan inovasi serta pembaharuan dalam mendayagunakan dan mengoptimalkan peran dari teknologi informasi.
Sejarah database
Sejak tahun 1960-an penggunaan basis data sudah digunakan untuk bidang komersial, dimana pemrosesan file-nya masih berbasis manajemen file tradisional.
Perkembangan komputer yang semakin  pesat diikuti  dengan perkembangan perangkat lunak untuk  aplikasi bisnis, sejak tahun 1970-an sampai awal tahun 1980 manajemen berbasis file tradisional berkembang menjadi manajemen basis data. Di dalam manajemen basis data  dikenal berbagai model data  yang dapat digunakan untuk  mendeskripsikan sebuah data dalam merancang suatu basis data.
Manajemen ini memungkinkan banyak user  untuk mengakses  data secara bersamaan sehingga fasilitas yang dimiliki oleh manajemen sudah semakin banyak yaitu fasilitas pemanipulasian data, kontrol konkurensi data, recovery data, keamanan data  dan  didukung dengan fasilitas komunikasi data  karena manajemen ini  sudah terhubung dengan suatu jaringan .
Perkembangan  dunia usaha  semakin meningkat ditunjang dengan perkembangan komunikasi yang mempermudah organisasi atau perusahaan untuk mengakses data, sehingga mengubah manajemen basis data menjadi manajemen basis data tingkat lanjut didukung dengan fasilitas data warehousing dan fasilitas basis data berbasis web sebagai salah satu strategi organisasi dalam meningkatkan kinerja dan keuntungan organisasi.

Pembahasan
Pengertian internet base contemporary application
Internet base contemporary aplication yang bias di singkat menjadi (IBCA), adalah suatu aplikasi yang terhubung dengan internet dan menggunakan system basis data (database).
Pengertian data base / Basis Data
Data base sendiri berarti  sekumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.
Konsep dasar dari basis data adalah kumpulan dari catatan-catatan, atau potongan dari pengetahuan. Sebuah basis data memiliki penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya.
Pemrosesan basis data (data base) sebagai perangkat andalan sangat diperlukan oleh berbagai institusi dan perusahaan. Dalam pengembangan system informasi diperlukan basis data sebagai media penyimpanan data. Kehadiran basis datadapat meningkatkan kinerja perusahaan dan dapat meningkatkan daya saing perusahaan tersebut.
Basis data dapat mempercepat upaya pelayanan kepada pelanggan, menghasilkan informasi dengan cepat dan tepat sehingga membantu pengambilan keputusan untuk segera memutuskan suatu masalah berdasarkan informasi yang ada.
Banyak aplikasi yang dapat dibuat dengan berlandaskan basis data antara lain: transaksi perbangkan, aplikasi pemesanan dan penjadwalan penerbangan, proses registrasi dan pencatatan data mahasiswa pada perguruan tinggi, aplikasi pemrosesan penjualan, pembelian dan pencatatan data barang pada perusahaan dagang, pencatatan data pegawai beserta aktifitasnya termasuk oprasi penggajian pada suatu perusahaan dan sebagainya.
Beberapa informasi pada perusahaan retail seperti pencarian jumlah penjualan, mencari jumlah setok yang tersedia, barang apa yang paling laku dijual pada bulan ini, dan berapa laba bersih perusahaan dapat diketahui dengan mudah dengan basis data.
Pada perpustakaan, adanya aplikasi pencarian data buku berdasarkan judul, pengarang atau kreteria lainya dapat mudah dilakukan dengan basis data. Pencarian data peminjaman yang terlambat mengembalikan juga mudah dilakukan sehingga bias dibuat aplikasi pembuatan surat tagihan berdasarkan informasi yang tersedia.
Dengan memanfaatkan teknologi jaringan, kemampuan basis data dapat dioptimalkan, misalnya transaksi atar cabang pada sebuah perbangkan secara online.
Begitu banyak keuntungan yang dapat diperoleh dengan pemanfaatan basis data. Basis data dapat eningkatkan daya guna perangkat computer yang mungkin tadinya hanya untuk keperluan game atau pengetikan dengan office.
Aplikasi yang menggunakan DataBase
Hampir semua aplikasi yang kita gunakan menggunakan system database.
Tetapi ada system data base yang offline dan ada pula system database yang online.
1. Data base offline
Maksudnya sebuah system Database yang dapat dijalankan pada computer walawpun tidak terhubung dengan internet internet.
Beberapa contoh database yang ofline sebagai berikut:
1. Microsoft Office (kecuali ms outlook, karna ms outlook bias berjalan jika terhubung dengan internet atau online)
2. Adobe Collection
3. CorelDraw
4. Calculator, dll.


2. Database online
Database online yaitu database yang terhubung dengan internet. Keuntunganya database ini dapat diakses dimanapun kita berada selagi computer kita terhubung dengan internet. 
Contohnya database online adalah sebagai berikut:
1. Website : Situs web (bahasa Inggris: web site) atau sering dingkat dengan istilah situs adalah sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya. Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat internet yang dikenali sebagai URL.



2. Alat Presensi Digital : yaitu alat yang menampilkan daftar orang yang hadir dalam suatu sidang atau acara yang bias dilihat secara online. Sperti contohnya presensi data mahasiswa. 

Contoh Gambar Alat Presensi

Gambar Struktur Jaringan Aplikasi Pemantau Presensi
3. Wikipedia : adalah proyek ensiklopedia multibahasa dalam jaringan yang bebas dan terbuka, yang dijalankan oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Amerika Serikat. Nama Wikipedia berasal dari gabungan kata wiki dan encyclopedia. 
wikipedia
4. E-library : adalah perpustakaan elektronik yang merupakan penyimpanan informasi, dokumen, audiovisual, dan materi grafis yang tersimpan dalam berbagai jenis media berkisar dari, misalnya buku cetak, majalah, laporan dan poster hingga ke mikrofis,slid, film, video, compact disc, audio tapes, optical disc, pita magnetis, disket atau floppy disc, sertamedia lain yang tengah dikembangkan.

5. 4Shared : salah satu situs internet yang menyediakan fasilitas untuk menyimpan berkas file berupa gambar, video, lagu, atau yang lainnya sehingga pengguna internet lain dapat mengunduh guna berbagi file yang dibutuhkan.


Kegunaan Internet Data base
Kegunaan Internet Database dibagi menjadi beberapa bidang:
A. Bidang Perkantoran
Saat ini tiap organisasi/perusahaan baik itu skala kecil, menengah maupun besar sudah menggunakan sistem informasi untuk membantu kegiatan operasionalnya. Bagi perusahaan skala menengah dan besar, mereka biasanya sudah menggunakan aplikasi berbasis pada database sehingga mempermudah dalam pencarian dan pemanfaatan informasi yang dipunyai.
Kegunaan Database pada bidang perkantoran
1. Untuk Mempromosikan Produk
Ini biasanya dipakai perusahaan untuk mempromosikan suatu produk secara online agar bisa menyebarluas secara global. Dalam ini database berfungsi untuk tempat menyimpan data-data sesuatu yang ingin dipromosikn tersebut.
2. Menyimpan data perusahaan
Perusahaan yang menyimpan data secara online biasanya adalah perusaan yang nomaden atau berpindah-pindah. Menggunakan database online supaya dapat diambil dimana saja selaku ada akses internet.
3. Mengecek kehadiran pegawai / buku tamu 
Pada saat ini teknologi sudah berkembang. Pengecekkan siapa saja pegawai yang hadir atau tidak kini sudah tidak memakai cara manual atau tertulis. Namun banyak perusahaan atau lembaga yang sudah mulai menggunakan aplikasi database yang dapat digunakan untuk hal ini.

Kegunaan database dalam bidang pendidikan
1. Pencarian Informasi
Dalam sistem pembelajaran, tentunya kita membutuhkan adanya informasi-infornasi yang sesuai dengan yang kita butuhkan, dalam hal ini kita bisa mencari informasi dari aplikasi database yang ada diinternet yang mungkin database tersebut milik orang lain dam kita tinggal mengunduhnya.
2. Menambah pengetahuan
Pengetahuan sekarang tidak hanya diacu dalam buku-buku. Namun dengan mudah sekarang bisa mendapatkan pengetahuan lewat aplikasi database yang ada di internet. 
3. Perpustakaan Online
Dengan perpustakaan online kita bisa meminjam buku secara online. Kita bisa mencari buku dengan cepat di suatu perpustakaan dengan hanya mengetikkan judul buku atau pengarangnya. Bagi perpustakaan itu sendiri, aplikasi data base sangat dibutuhkan untuk mengecek buku-buku apa yang dipinjam agar mengetahui buku apa saja yang belum dikembalikan.
Kegunaan lain database yaitu dalam bidang penyimpanan
Menyimpan file agar dapat diunduh orang lain
Dengan kita mengunjungi situs yang memiliki media penyimpanan, kita dapat mengupload dokumen seperti lagu, video, aplikasi, atau file-file lain yang bertujuan agar orang lain dapat mengunduh file yang kita upload.

Dampak Penggunaan Aplikasi Database
1. Dampak Positif
a. Mempermudah penyimpanan data
Bila kita menggunakan aplikasi berdatabase online, kita sama saja dengan melakuaan antisipasi bila suatu saat computer yang kita pakai error atau bermasalah. Dengan database internet, file yang kita unggah ke internet tidak akan hilang kecuali bila kita menghapusnya.
b. Dapat diakses dimana saja selama online
Dengan menggunakan aplikasi database internet, kita tidak perlu membawa-bawa flash atau hardware penyimpan data lainnya. File yang telah kita buat, bila suatu saat kita butuh, dimana saja asalkan ada ekses ke internet kita bisa langsung memakainya.
c. Dapat diunduh siapa saja secara online
File-file yang telah diupload, tentunya tidak hanya dibutuhkan oleh user yang mengupload, bisa saja ada orang lain yang mempunyai kebutuhan yang sama. Dlam hal ini kita saling berbagi file menurut apa ayng dibituhkan satu sama lain antar pengguna internet.
2. Dampak negative 
a. Menjadikan orang malas berfikir
Dengan adanya database yang sangat memudahkan orang, tentunya menjadikan orang tersebut selalu berfikir instan dan malas berfikir dan berusaha. Orang tersebut menjadi sangat tergantung dengan kepraktisan aplikasi data base.
b. Banyak pencurian data dan hacking
Mengupload suatu data penting di internet sama saja dengan menge-share file tersebut sehingga memudahkan pihak tidak bertanggung jawab untuk mencuri dan memakai file tersebut dengan atas nama pencuri tersebut. Dokumen suatu perusahaan yang masuk ke internet, bisa dibobol oleh hacker yang tidak bertanggung jawab.
c. Banyak kesalahan teknis
Semakin banyak file yang kita upload ke internet berarti semakin banyak pula kemungkinan file kita yang berkesalahan teknis. Bisa saja web penyimpanan file tersebut sedang di banned, atau  file hostingnya penuh, atau juga file yang kita upload terlalu besar, sehingga file yang kita upload tidak sempurna dan tidak bisa didownload.
 


Kesimpulan
Dari penjelasan-penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa internet base contemporary application adalah merupakan aplikasi yang terhubung ke internet yang berdatabase. Sekarang ini di zaman yang serba modern, serba berteknoogi, perkembangan database sudah semakin pesat,baik yang terhubung ke internet ataupun tidak. Dibuktikan dengan banyaknya manfaat aplikasi berdatabase di berbagai bidang,mulai dari untuk penyimpanan data sampai pencarian informasi.
Ini berarti banyak sisi positif dari manfaat database yang bisa kita gunakan,bukan berarti sisi negatifnya tidak ada. Sebuah alat,bahkan manusiapun ada sisi negatifnya. Untuk itu selalu berhati-hatilah dalam menggunakan dan selalu gunakan dalam hal positif.
Semoga materi ini dapat bermanfaat untuk semua, kritik dan saran sangat kami harapkan karena ini dibuat untuk tugas pengetahuan teknologi dan informasi. 

Daftar pustaka
http://ilmukomputer.com, sabtu 07 januari 2012
http://www.mypcholic.com/2009/07/sejarah-database.html, jumat 06 januari 2012 jam 14.40 
http://surahyo.blogspot.com/2009/03/pemanfaatan-database-padaperusahaan.html, jumat 06 januari 2012 jam 14.00
http://id.wikipedia.org/wiki/Wikipedia, kamis 05 januari 2012 jam 21.34
http://muzhabfadoly.blogspot.com/2010/01/definisi-e-library.html, kamis 05 januari 2012 jam 21.40
http://id.wikipedia.org/wiki/Situs_web, kamis 05 januari 2012 jam 21.34
Kusrini, 2007. Strategi Perancangan dan Pengelolaan Basis Data. Yogyakarta: Penerbit ANDI













Makalah Tentang Ragam Dan Laras Bahasa "Laras Biografi"

Pendahuluan
Bahasa merupakan elemen utama untuk berkomunikasi antara satu sama lain. Ini menunjukkan bahawa tanpa bahasa, manusia tidak boleh untuk berinteraksi dan juga membentuk budaya yang mempunyai identitas sendiri.
Ragam Bahasa adalah variasi bahasa menurut pemakaian, yang berbeda-beda menurut topik yang dibicarakan, menurut hubungan pembicara, kawan bicara, orang yang dibicarakan, serta menurut medium pembicara (Bachman, 1990). Ragam bahasa yang oleh penuturnya dianggap sebagai ragam yang baik (mempunyai prestise tinggi), yang biasa digunakan di kalangan terdidik, di dalam karya ilmiah (karangan teknis, perundang-undangan), di dalam suasana resmi, atau di dalam surat menyurat resmi (seperti surat dinas) disebut ragam bahasa baku atau ragam bahasa resmi.
Laras Bahasa adalah kesesuaian antara bahasa dan pemakaianya. Dalam hal ini kita mengenal iklan, laras ilmiah, laras populer, laras featue, laras komik, laras sastra, yang masih dapat di bagi atas laras cerpen, laras puisi, laras novel, dan sebagainya.
Fungsi Ragam dan Laras Bahasa
Secara umum fungsi ragam dan laras bahasa terbagi menjadi beberapa bagian :
a. Sebagai alat ekspresi diri
Pada awalnya seorang anak menggunakan bahasa untuk mengekspresikan kehendaknya atau perasaannya pada sasaran  yang tetap, yakni ayah dan ibunya. Dalam perkembangannya, seorang anak tidak lagi menggunakan bahasa hanya untuk mengekspresikan kehendaknya, melainkan juga untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya. Setelah dewasa, seorang individu pun menggunakan bahasa sebagai alat ekspresi diri dan komunikasi. Seorang penulis pun mengekspresikan diri melalui tulisannya, sehingga karya ilmiah pun dapat disebut sebagai alat ekspresi diri.
b.  Sebagai alat komunikasi
Komunikasi lebih spesifik dari pada ekspresi diri. Komunikasi tidak akan sempurna bila ekspresi diri kita tidak diterima atau dipahami oleh orang lain. Dengan komunikasi pula kita dapat mempelajari dan mewarisi semua hal, baik yang pernah dicapai oleh orang-orang terdahulu ataupun orang-orang yang sezaman dengan kita.
Sebagai alat komunikasi, bahasa merupakan saluran perumusan maksud kita, merefleksikan perasaan kita dan memungkinkan kita menciptakan kerja sama dengan individu lainnya. Melalui bahasa, manusia dapat  mengatur berbagai macam kegiatan dan aktivitas kemasyarakatan, merencanakan dan mengarahkan bagaimana langkah terbaik untuk kedepannya. Ketika menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi, sebelumnya tentu sudah ada tujuan tertentu.  Pembicara ingin maksud dan gagasannya diterima oleh orang lain. Dengan kata lain pembicara ingin mempengaruhi orang lain dan ingin mereka membeli hasil pemikirannya. Oleh karena itu, maka si pembicara pun akan menggunakan bahasa yang sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan objek yang ia tuju.
c. Sebagai alat integrasi dan adaptasi sosial
Selain sebagai salah satu unsur kebudayaan, bahasa memungkinkan pula manusia memanfaatkan pengalaman-pengalaman mereka, mempelajari dan mengambil bagian serta pelajaran dari pengamalan tersebut, serta berkenalan dengan orang lain. Indonesia adalah bangsa yang majemuk, terdiri dari berbagai macam suku dan ras, begitu banayak pulau dan daerah. Tidak mungkin menyatukan keseluruhannya tanpa ada suatu rumusan metode, maka terbentuklah bahasa yang berfungsi dan terbukti sebagai alat pemersatu yang efektif.
Pada saat seseorang beradaptasi dengan lingkungan sosial disekitarnya, maka ia akan memilih bahasa yang tepat dan sesuai. Ia akan menggunakan bahasa yang berbeda, ia akan menggunakan bahasa yang tidak baku ketika sedang bersama teman-temannya, sebaliknya ia akan menggunakan bahasa yang formal ketika berbicara dengan orang yang lebih tua atau lebih tinggi kedudukannya.
d. Sebagai alat kontrol sosial
Bahasa memiliki peran penting dalam memainkan peran sosial, baik itu dengan diterapkan pada diri sendiri ataupun orang lain. Berbagai informasi, pemberitaan ataupun pendidikan disampaikan melalui bahasa. buku-buku pelajaran dan buku-buku intruksi adalah salah satu contoh penggunaan bahasa sebagai alat kontrol sosial.
Biografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu bios yang berarti hidup, dan graphien yang berarti tulis. Dengan kata lain biografi merupakan tulisan tentang kehidupan seseorang. Biografi, secara sederhana dapat dikatakan sebagai sebuah kisah riwayat hidup seseorang. Biografi dapat berbentuk beberapa baris kalimat saja, namun juga dapat berupa lebih dari satu buku.
Perbedaannya adalah, biografi singkat hanya memaparkan tentang fakta-fakta dari kehidupan seseorang dan peran pentingnya sementara biografi yang panjang meliputi, tentunya, informasi-informasi penting namun dikisahkan dengan lebih mendetail dan tentunya dituliskan dengan gaya bercerita yang baik.
Biografi menganalisa dan menerangkan kejadian-kejadian dalam hidup seseorang. Lewat biografi, akan ditemukan hubungan, keterangan arti dari tindakan tertentu atau misteri yang melingkupi hidup seseorang, serta penjelasan mengenai tindakan dan perilaku hidupnya.
Biografi biasanya dapat bercerita tentang kehidupan seorang tokoh terkenal atau tidak terkenal, namun demikian, biografi tentang orang biasa akan menceritakan mengenai satu atau lebih tempat atau masa tertentu. Biografi seringkali bercerita mengenai seorang tokoh sejarah, namun tak jarang juga tentang orang yang masih hidup.
Banyak biografi ditulis secara kronologis. Beberapa periode waktu tersebut dapat dikelompokkan berdasar tema-tema utama tertentu (misalnya “masa-masa awal yang susah” atau “ambisi dan pencapaian”). Walau begitu, beberapa yang lain berfokus pada topik-topik atau pencapaian tertentu. Biografi memerlukan bahan-bahan utama dan bahan pendukung. Bahan utama dapat berupa benda-benda seperti surat-surat, buku harian, atau kliping koran. Sedangkan bahan-bahan pendukung biasanya berupa biografi lain, buku-buku referensi atau sejarah yang memaparkan peranan subyek biografi itu.
Biografi adalah suatu kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang yang bersumber pada subjek rekaan (non-fiction / kisah nyata). Sebuah biografi lebih kompleks daripada sekadar daftar tangga lahir atau mati dan data-data pekerjaan seseorang,tetapi juga menceritakan tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian tersebut yang menonjolkan perbedaan perwatakan termasuk pengalaman pribadi.
Biografi terbagi menjadi beberapa macam yaitu:
1.      Berdasarkan sisi penulis
Berdasarkan dari sisi penulis biografi terdiri atas beberapa yaitu
A.     Autobiografi yaitu biografi yang di tulis sendiri oleh tokoh yang tercatat perjalanan hidupnya.
B.     Biografi yaitu ditulis oleh orang lain, berdasarkan izin penulisan biografi di bagi atas :
a.       Authorized biography, yaitu biografi yang penulisannya seizin atau sepengetahuam tokoh didalamnya
b.      Unauthorized biography, yaitu ditulis seseorang tanpa sepengetahuan atau izin dari tokoh di dalamnya (biasanya karena telah wafat)
2.      Berdasarkan Isinya
a.       Biografi Perjalanan Hidup, Isinya berupa perjalanan hidup lengkap atau sebagian paling berkesan.
b.      Biografi Perjalanan Karir, Isinya berupa perjalanan karir dari awal karir hingga karir terbaru, atau sebagian perjalanan karir dalam mencapai sukses tertentu.
3.      Berdasarkan persoalan yang dibahas
a.       Biografi politik.
Yaitu penulisan tokoh-tokoh di negeri ini dari sudut politik. Dalam biografi semacam ini bahan-bahan dikumpulkan biasanya melalui riset. Namun, biografi semacam ini kadang kala tidak lepas dari kepentingan penulis ataupun sosok yang ditulisnya.
b.      Intelektual biografi
Biografi ini juga disusun melalui riset dan segenap temuan dituangkanpenulisnya dalam gaya penulisan ilmiah.
c.       Biografi jurnalistik ataupun biografi sastra
Yaitu materi penulisan biasanya diperoleh dari hasil wawancara terhadap tokoh yang akan ditulis maupun yang menjadi rujukan sebagai pendukung penulisan. Ini lebih ringan karena Cuma keterampilan dan wawancara.
4.      Berdasarkan penerbitannya
a.       Buku Sendiri.
Penerbitan buku kategori ini dilakukan atas inisiatif penerbit dengan seluruh biaya penulisan, percetakan, danpemasaran ditanggung oleh produsen. Biografi jenis ini biasanya memuat kisah hidup tokoh-tokoh yang diperkirakan akan menarik perhatian publik.
b.      Buku Subdisi.
Ongkos pembuatan buku jenis ini sebagian dibiayai oleh sponsor. Biasanya pola ini dilakukan pada buku-buku yang diperkirakan dari segi komersial tidak akan laku atau kalaupun bisa dijual harganya sangat tinggi sehingga tidak terjangkau.
Ciri-ciri Feature Biografi Menurut Fungsinya:
1.      untuk memberikan gambaran tentang kehidupan dan riwayat seseorang
2.      untuk memberikan gambaran bagi pembaca tentang tema dan bobot karya   seseorang yang akan dibeli
3.      menganalisa dan menerangkan kejadian-kejadian hidup seseorang
4.      untuk mengetahui kelebihan seorang penulis dan latar belakangnya
Ciri-ciri Feature Biografi Menurut Tujuannya :
1.      Agar pembaca dan penulis dapat mengetahui perjalanan hidup tokoh yang dibaca
2.      Agar dapat mengambil pelajaran dari kehidupan tokoh tersebut
3.      Agar pembaca dan penulis dapat mencontoh tokoh tersebut
Ciri-ciri Feature Biografi Menurut Unsur-unsurnya :
1.      Ditulis berdasarkan sudut pandang orang ketiga
2.      Riwayat hidup ditulis dari data-data yang ada
3.      Data-data pribadi tentang tokoh bisa saja meragukan
Ciri Ciri Feature Autobiografi
Dalam penulisan auto biografi sebaiknya kita mengetahui beberapa hal berikut.
1.      Kanali dulu siapa kita, disini dapat dieksplorasi dari bentuk fisik kita, seperti bentuk badan, bentuk hidung, bentuk mata, bentuk alis warna rambut dsb. Ini penting untuk memberikan gambaran tentang diri kita kepada pembaca.
2.      Tuliskan tentang asal usul kita. Seperti kedua orang tua, tempat  tanggal lahir, alamat, jumlah saudara, anak keberapa dari berapa saudara,
3.      Ceritakan tentang kehidupan masa kecil kita.
4.      Ceritakan tentang riwayat sekolah kita
5.      Ceritakan tentang riwayat kesehatan kita
6.      Ceritakan bagaimana kehidupan kita menuju dewasa.

Daftar Pustaka
Hety Nur Khasanah,  Feature Biografi dan Autobiografi, (http://hety-blog. blogspot.com/ 2013/11/feature-biografi.html, diakses 24 Maret 2014).
Biografi Tokoh Dunia,  Pengertian Biografi Serta Cara Menulis Biografi, (http://kolom-biografi.blogspot.com/2009/12/pengertian-biografi-serta-cara-menulis.html, diakses 24 Maret 2014).

Fajar Tontowi,  Ragam Dan Laras Bahasa Indonesia, (http://fajaaar.blogspot.com/ 2013/09/ragam- dan-laras-bahasa-indonesia.html, diakses 24 Maret 2014).