Selamat datang di Blog Dharma Satria

Makalah Manajemen Pemasaran Penerapan Marketing Mix Pada Usaha Aksesoris

PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Begitu banyak peluang yang tersedia untuk membuka suatu usaha atau suatu bisnis baru, memunculkan suatu gagasan, keyakinan dan niat untuk merintis suatu usaha baru untuk ditekuni. Hal ini disebabkan karena tersedianya peluang yang masih terbuka luas, adanya bahan – bahan yang mudah didapatkan, mudah dalam pengerjaannya serta harga yang relatif terjangkau.Peluang untuk merintis usaha baru yang masih terbuka lebar terutama suatu usaha dalam hal pernak – pernik wanita seperti aksesoris, membulatkan tekad untuk membuat sesuatu yang baru tentang aksesori.
Aksesoris merupakan suatu pernak – pernik atau hiasan yang biasanya sering dipakai oleh wanita dengan tujuan untuk mempercantik dirinya atau agar terlihat lebih menarik. Oleh karena itu banyak sekali wanita yang tertarik dan berminat untuk mengkoleksi aksesoris – aksesoris yang lucu, unik dan model yang bagus.
Berbagai macam aksesoris – aksesoris yang sering digunakan, seperti anting, gelang, kalung, bros, jepit rambut, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Dari situlah kami ingin membuat sesuatu hal yang baru tentang aksesoris yaitu seperti Bros Jilbab, Gantungan Kunci, Gantungan HP, Dll yang berbahan dasar dari Tali Sepatu dan Kain Flanel.
B. Tujuan
Dengan membuat sebuah barang atau aksesori ini bertujuan agar :
1.      Memperoleh keuntungan
2.      Memanfaatkan peluang dengan bahan baku yang tersedia dan gampang dicari.
C. Alat dan Bahan
1.      Tali Sepatu
2.      Kain Flanel
3.      Benang
4.      Lem lilin
5.      Jarum
6.      Peniti
7.      Gunting
8.      Bahan pendukung lainya…

D. Cara Pemembuatan
1.      Cara membuat gantungan kunci dari kain flanel
a.       Buat dulu pola untuk kepalanya, buat dua buah untuk kedua sisinya.
b.      Siapkan kain flanel dengan warna lain untuk bagian atas kepala sesuai selera. 

c.       Jahit dengan warna benang yang sesuai. Lakukan serapi mungkin. 

d.      Siapkan mata dan mulut dengan kain flanel warna hitam.
e.       Tempelkan mata dan mulut tadi dengan menggunakan lem.
f.       Bisa di tambahkan dengan ekspresi lain. Mungkin ekspresi marah, sedih senang atau exspresi lainya.
g.      Sebagai finishing, Beri gantungan sebagai gantungan kunci, ataupun peniti juka akan dipakai sebagai bros

2.      Cara Membuat Bros dari Tali Sepatu
 Bahan :
 Tali sepatu
 Lem Lilin                                 
 Lilin
 Gunting
 Peniti

Cara Pembuatan :
a. Gunting tali sepatu menjadi 20cm
b. Gunting bagian ujung tali sepatu
c. Bakar ujung tali sepatu tersebut
d. Gulung tali sepatu tersebut, kemudian lem lilin dibakar sehingga lem nya keluar
e. Kemudian lem dengan kuat agar tidak lepas
f. Lakukan kegiatan 1-4 berkali-kali
g. Setelah selesai, tempelkan peniti yang sudah disiapkan pada bros

MARKETING MIX
A. Product
Produk yang dibahas disini adalah hasil dari keterampilan tangan sendiri maka desain dan ukurannya sangat bervariasi mengikuti ide dan kreativitas dari pembuatnya. Berbagai produk pernak-pernik ini terbuat dari kain flanel, tali sepatu, dan benang wol yang akan dibuat menjadi seperti bros, gantungan kunci, Dll.
1.      Manfaat produk
Seperti manfaat pernak pernik atau aksesoris lainya yaitu mempercantik diri serta membuat diri menjadi lebih menarik. Dan juga memiliki kepuasaan tersendiri bagi konsumen.
2.      Keistimewaan Produk
Keistimewaan dari produk yang akan kami bikin adalah dengan memberikan aneka model aksesoris. Sehingga konsumen bisa memilih produk sesuai seleranya.
3.      Merk Produk
Nama atau merek produk aksesoris yang ingin kami buat adalah Yumna. Sebuah nama untuk perempuan dari bahasa Arab yang berarti Kanan, Beruntung, Atau Diberkati.
4.      Packaging (Kemasan)
Kemasan sama pentingnya dengan kualitas produk yang fungsinya juga mendorong minat pembeli untuk membeli suatu produk. Dalam hal ini, produk acsories kami memberikan kemasan yang menarik, memberikan bentuk yang inovasi seiring dengan perkembangan jaman. Selain itu, warna yang diberikan sengaja dibuat terang (warna ping) yang identik dengan warna kesukaan wanita.

B. Price
1.      Daftar Harga
Harga merupakan alat yang digunakan oleh pemasar untuk memberikan penilaian terhadap suatu produk. Peranan harga sangat penting terutama pada keadaan persaingan yang semakin tajam dan perkembangan permintaan yang terbatas.
Harga yang kami tawarkan sangat beragam, tergantung pada kerumitan pembuatan aksesoris tersebut. Aksesoris – aksesoris ini akan di jual dengan harga yang relative terjangkau untuk semua kalangan. Harga yang ditawarkan pun sebanding dengan kualitas barang yang di jual. Rincian harganya sebagai berikut :
Bros                      : 2.000 sampai 20.000
Gantungan kunci    : 5.000 sampai 30.000
2.      Potongan Harga
Untuk menarik minat konsumen untuk turut serta memasarkan produk maka dalam pemasaran produk diadakan pemotongan harga (discount) untuk pembelian dengan jumlah besar.

C. Promotion
Promosi merupakan salah satu bagian dari rangkaian kegiatan pemasaran, di mana hasil yang diharapkan dari kegiatan promosi ini adalah meningkatkan volume penjualan. Dengan kegiatan promosi maka diharapkan dapat mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian. Maka usaha kami akan melakukan promosi yang bertujuan untuk memikat pelanggan supaya untuk membelinya dengan cara.
1.      Kami akan menggunakan Social media seperti Facebook, Twiterr. BBM, Blog, Dll.
2.      Mengenalkan secara langsung kepada teman teman kita.
3.      Promosi menggunakan media orang lain (dari mulut ke mulut).

D. Place
Sistem penjualan aksesoris ini dilakukan dengan menitipkan ke toko toko aksesoris atau bisa juga di pasarkan di pasar Tiban seperti Sunmor (Sunday Morning), dan untuk pembelian dengan jarak jauh bisa menggunakan jasa kurir pengiriman dengan sarat sarat tertentu.

PENUTUP
A. Kesimpulan
Dalam konsep pemasaran modern banyak perusahaan yang mengacu pada bauran pemasaran di dalam merancang program pemasarannya. Bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan saluran distribusi mempunyai peranan yang sangat penting guna mensukseskan program pemasaran dari suatu perusahaan. Dengan melakukan perencanaan terhadap empat bauran pemasaran diharapkan perusahaan dapat merumuskan program pemasaran yang tepat bagi produk yang akan ditawarkan kepada konsumen.
Perencanaan produk yang dihasilkan oleh perusahaan harus benar- benar sesuai dengan kebutuhan konsumen. Selain itu, produk yang dihasilkan harus mencerminkan kualitas yang baik. Hal tersebut agar sesuai dengan tujuan perusahaan yang mana produk yang dihasilkan dapat diterima dan sesuai dengan kebutuhan konsumen dan dapat memuaskan konsumen. Karena produk merupakan titik sentral dari kegiatan pemasaran, keberhasilan suatu perusahaan dapat diketahui dari respon yang ditunjukkan oleh konsumen.