Selamat datang di Blog Dharma Satria

Makalah Tentang Internet Base Contemporary Aplication (IBCA)

Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya pada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan makalah ini yang tepat pada waktunya dengan judul “Internet Base Contemporary Aplication”. Dan tidak lupa shalawat serta salam kita haturkan pada nabi kita nabi Muhammad SAW.
Makalah ini berisikan tentang apa itu aplikasi berbasis database yang terhubung dengan internet dan juga kegunaan dan dampak bila kita menggunakan aplikasi ini.
Diharapkan makalah ini dapat memberikan manfaat pengetahuan bagi teman-teman sekalian

Yogyakarta, 05 Januari 2012

   Kelompok III

Pendahuluan
Teknologi Informasi berbasis komputer, saat ini semakin meningkat yang mencakup hampir semua aspek kehidupan termasuk pendidikan, bahkan merupakan suatu keharusan bagi sebuah instansi pendidikan  akan ketersediaan informasi yang sudah terkomputerisasi. 
Oleh karena itu, sekarang banyak lembaga pendidikan yang melakukan inovasi serta pembaharuan dalam mendayagunakan dan mengoptimalkan peran dari teknologi informasi.
Sejarah database
Sejak tahun 1960-an penggunaan basis data sudah digunakan untuk bidang komersial, dimana pemrosesan file-nya masih berbasis manajemen file tradisional.
Perkembangan komputer yang semakin  pesat diikuti  dengan perkembangan perangkat lunak untuk  aplikasi bisnis, sejak tahun 1970-an sampai awal tahun 1980 manajemen berbasis file tradisional berkembang menjadi manajemen basis data. Di dalam manajemen basis data  dikenal berbagai model data  yang dapat digunakan untuk  mendeskripsikan sebuah data dalam merancang suatu basis data.
Manajemen ini memungkinkan banyak user  untuk mengakses  data secara bersamaan sehingga fasilitas yang dimiliki oleh manajemen sudah semakin banyak yaitu fasilitas pemanipulasian data, kontrol konkurensi data, recovery data, keamanan data  dan  didukung dengan fasilitas komunikasi data  karena manajemen ini  sudah terhubung dengan suatu jaringan .
Perkembangan  dunia usaha  semakin meningkat ditunjang dengan perkembangan komunikasi yang mempermudah organisasi atau perusahaan untuk mengakses data, sehingga mengubah manajemen basis data menjadi manajemen basis data tingkat lanjut didukung dengan fasilitas data warehousing dan fasilitas basis data berbasis web sebagai salah satu strategi organisasi dalam meningkatkan kinerja dan keuntungan organisasi.

Pembahasan
Pengertian internet base contemporary application
Internet base contemporary aplication yang bias di singkat menjadi (IBCA), adalah suatu aplikasi yang terhubung dengan internet dan menggunakan system basis data (database).
Pengertian data base / Basis Data
Data base sendiri berarti  sekumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.
Konsep dasar dari basis data adalah kumpulan dari catatan-catatan, atau potongan dari pengetahuan. Sebuah basis data memiliki penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya.
Pemrosesan basis data (data base) sebagai perangkat andalan sangat diperlukan oleh berbagai institusi dan perusahaan. Dalam pengembangan system informasi diperlukan basis data sebagai media penyimpanan data. Kehadiran basis datadapat meningkatkan kinerja perusahaan dan dapat meningkatkan daya saing perusahaan tersebut.
Basis data dapat mempercepat upaya pelayanan kepada pelanggan, menghasilkan informasi dengan cepat dan tepat sehingga membantu pengambilan keputusan untuk segera memutuskan suatu masalah berdasarkan informasi yang ada.
Banyak aplikasi yang dapat dibuat dengan berlandaskan basis data antara lain: transaksi perbangkan, aplikasi pemesanan dan penjadwalan penerbangan, proses registrasi dan pencatatan data mahasiswa pada perguruan tinggi, aplikasi pemrosesan penjualan, pembelian dan pencatatan data barang pada perusahaan dagang, pencatatan data pegawai beserta aktifitasnya termasuk oprasi penggajian pada suatu perusahaan dan sebagainya.
Beberapa informasi pada perusahaan retail seperti pencarian jumlah penjualan, mencari jumlah setok yang tersedia, barang apa yang paling laku dijual pada bulan ini, dan berapa laba bersih perusahaan dapat diketahui dengan mudah dengan basis data.
Pada perpustakaan, adanya aplikasi pencarian data buku berdasarkan judul, pengarang atau kreteria lainya dapat mudah dilakukan dengan basis data. Pencarian data peminjaman yang terlambat mengembalikan juga mudah dilakukan sehingga bias dibuat aplikasi pembuatan surat tagihan berdasarkan informasi yang tersedia.
Dengan memanfaatkan teknologi jaringan, kemampuan basis data dapat dioptimalkan, misalnya transaksi atar cabang pada sebuah perbangkan secara online.
Begitu banyak keuntungan yang dapat diperoleh dengan pemanfaatan basis data. Basis data dapat eningkatkan daya guna perangkat computer yang mungkin tadinya hanya untuk keperluan game atau pengetikan dengan office.
Aplikasi yang menggunakan DataBase
Hampir semua aplikasi yang kita gunakan menggunakan system database.
Tetapi ada system data base yang offline dan ada pula system database yang online.
1. Data base offline
Maksudnya sebuah system Database yang dapat dijalankan pada computer walawpun tidak terhubung dengan internet internet.
Beberapa contoh database yang ofline sebagai berikut:
1. Microsoft Office (kecuali ms outlook, karna ms outlook bias berjalan jika terhubung dengan internet atau online)
2. Adobe Collection
3. CorelDraw
4. Calculator, dll.


2. Database online
Database online yaitu database yang terhubung dengan internet. Keuntunganya database ini dapat diakses dimanapun kita berada selagi computer kita terhubung dengan internet. 
Contohnya database online adalah sebagai berikut:
1. Website : Situs web (bahasa Inggris: web site) atau sering dingkat dengan istilah situs adalah sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya. Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat internet yang dikenali sebagai URL.



2. Alat Presensi Digital : yaitu alat yang menampilkan daftar orang yang hadir dalam suatu sidang atau acara yang bias dilihat secara online. Sperti contohnya presensi data mahasiswa. 

Contoh Gambar Alat Presensi

Gambar Struktur Jaringan Aplikasi Pemantau Presensi
3. Wikipedia : adalah proyek ensiklopedia multibahasa dalam jaringan yang bebas dan terbuka, yang dijalankan oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Amerika Serikat. Nama Wikipedia berasal dari gabungan kata wiki dan encyclopedia. 
wikipedia
4. E-library : adalah perpustakaan elektronik yang merupakan penyimpanan informasi, dokumen, audiovisual, dan materi grafis yang tersimpan dalam berbagai jenis media berkisar dari, misalnya buku cetak, majalah, laporan dan poster hingga ke mikrofis,slid, film, video, compact disc, audio tapes, optical disc, pita magnetis, disket atau floppy disc, sertamedia lain yang tengah dikembangkan.

5. 4Shared : salah satu situs internet yang menyediakan fasilitas untuk menyimpan berkas file berupa gambar, video, lagu, atau yang lainnya sehingga pengguna internet lain dapat mengunduh guna berbagi file yang dibutuhkan.


Kegunaan Internet Data base
Kegunaan Internet Database dibagi menjadi beberapa bidang:
A. Bidang Perkantoran
Saat ini tiap organisasi/perusahaan baik itu skala kecil, menengah maupun besar sudah menggunakan sistem informasi untuk membantu kegiatan operasionalnya. Bagi perusahaan skala menengah dan besar, mereka biasanya sudah menggunakan aplikasi berbasis pada database sehingga mempermudah dalam pencarian dan pemanfaatan informasi yang dipunyai.
Kegunaan Database pada bidang perkantoran
1. Untuk Mempromosikan Produk
Ini biasanya dipakai perusahaan untuk mempromosikan suatu produk secara online agar bisa menyebarluas secara global. Dalam ini database berfungsi untuk tempat menyimpan data-data sesuatu yang ingin dipromosikn tersebut.
2. Menyimpan data perusahaan
Perusahaan yang menyimpan data secara online biasanya adalah perusaan yang nomaden atau berpindah-pindah. Menggunakan database online supaya dapat diambil dimana saja selaku ada akses internet.
3. Mengecek kehadiran pegawai / buku tamu 
Pada saat ini teknologi sudah berkembang. Pengecekkan siapa saja pegawai yang hadir atau tidak kini sudah tidak memakai cara manual atau tertulis. Namun banyak perusahaan atau lembaga yang sudah mulai menggunakan aplikasi database yang dapat digunakan untuk hal ini.

Kegunaan database dalam bidang pendidikan
1. Pencarian Informasi
Dalam sistem pembelajaran, tentunya kita membutuhkan adanya informasi-infornasi yang sesuai dengan yang kita butuhkan, dalam hal ini kita bisa mencari informasi dari aplikasi database yang ada diinternet yang mungkin database tersebut milik orang lain dam kita tinggal mengunduhnya.
2. Menambah pengetahuan
Pengetahuan sekarang tidak hanya diacu dalam buku-buku. Namun dengan mudah sekarang bisa mendapatkan pengetahuan lewat aplikasi database yang ada di internet. 
3. Perpustakaan Online
Dengan perpustakaan online kita bisa meminjam buku secara online. Kita bisa mencari buku dengan cepat di suatu perpustakaan dengan hanya mengetikkan judul buku atau pengarangnya. Bagi perpustakaan itu sendiri, aplikasi data base sangat dibutuhkan untuk mengecek buku-buku apa yang dipinjam agar mengetahui buku apa saja yang belum dikembalikan.
Kegunaan lain database yaitu dalam bidang penyimpanan
Menyimpan file agar dapat diunduh orang lain
Dengan kita mengunjungi situs yang memiliki media penyimpanan, kita dapat mengupload dokumen seperti lagu, video, aplikasi, atau file-file lain yang bertujuan agar orang lain dapat mengunduh file yang kita upload.

Dampak Penggunaan Aplikasi Database
1. Dampak Positif
a. Mempermudah penyimpanan data
Bila kita menggunakan aplikasi berdatabase online, kita sama saja dengan melakuaan antisipasi bila suatu saat computer yang kita pakai error atau bermasalah. Dengan database internet, file yang kita unggah ke internet tidak akan hilang kecuali bila kita menghapusnya.
b. Dapat diakses dimana saja selama online
Dengan menggunakan aplikasi database internet, kita tidak perlu membawa-bawa flash atau hardware penyimpan data lainnya. File yang telah kita buat, bila suatu saat kita butuh, dimana saja asalkan ada ekses ke internet kita bisa langsung memakainya.
c. Dapat diunduh siapa saja secara online
File-file yang telah diupload, tentunya tidak hanya dibutuhkan oleh user yang mengupload, bisa saja ada orang lain yang mempunyai kebutuhan yang sama. Dlam hal ini kita saling berbagi file menurut apa ayng dibituhkan satu sama lain antar pengguna internet.
2. Dampak negative 
a. Menjadikan orang malas berfikir
Dengan adanya database yang sangat memudahkan orang, tentunya menjadikan orang tersebut selalu berfikir instan dan malas berfikir dan berusaha. Orang tersebut menjadi sangat tergantung dengan kepraktisan aplikasi data base.
b. Banyak pencurian data dan hacking
Mengupload suatu data penting di internet sama saja dengan menge-share file tersebut sehingga memudahkan pihak tidak bertanggung jawab untuk mencuri dan memakai file tersebut dengan atas nama pencuri tersebut. Dokumen suatu perusahaan yang masuk ke internet, bisa dibobol oleh hacker yang tidak bertanggung jawab.
c. Banyak kesalahan teknis
Semakin banyak file yang kita upload ke internet berarti semakin banyak pula kemungkinan file kita yang berkesalahan teknis. Bisa saja web penyimpanan file tersebut sedang di banned, atau  file hostingnya penuh, atau juga file yang kita upload terlalu besar, sehingga file yang kita upload tidak sempurna dan tidak bisa didownload.
 


Kesimpulan
Dari penjelasan-penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa internet base contemporary application adalah merupakan aplikasi yang terhubung ke internet yang berdatabase. Sekarang ini di zaman yang serba modern, serba berteknoogi, perkembangan database sudah semakin pesat,baik yang terhubung ke internet ataupun tidak. Dibuktikan dengan banyaknya manfaat aplikasi berdatabase di berbagai bidang,mulai dari untuk penyimpanan data sampai pencarian informasi.
Ini berarti banyak sisi positif dari manfaat database yang bisa kita gunakan,bukan berarti sisi negatifnya tidak ada. Sebuah alat,bahkan manusiapun ada sisi negatifnya. Untuk itu selalu berhati-hatilah dalam menggunakan dan selalu gunakan dalam hal positif.
Semoga materi ini dapat bermanfaat untuk semua, kritik dan saran sangat kami harapkan karena ini dibuat untuk tugas pengetahuan teknologi dan informasi. 

Daftar pustaka
http://ilmukomputer.com, sabtu 07 januari 2012
http://www.mypcholic.com/2009/07/sejarah-database.html, jumat 06 januari 2012 jam 14.40 
http://surahyo.blogspot.com/2009/03/pemanfaatan-database-padaperusahaan.html, jumat 06 januari 2012 jam 14.00
http://id.wikipedia.org/wiki/Wikipedia, kamis 05 januari 2012 jam 21.34
http://muzhabfadoly.blogspot.com/2010/01/definisi-e-library.html, kamis 05 januari 2012 jam 21.40
http://id.wikipedia.org/wiki/Situs_web, kamis 05 januari 2012 jam 21.34
Kusrini, 2007. Strategi Perancangan dan Pengelolaan Basis Data. Yogyakarta: Penerbit ANDI